WELCOME TO MY BLOG

Moshi-moshi minna-san, arigato sudah mampir ke blog saya yang gak jelas ini. Harap tinggalkan jejak minna-san... ^^

Kamis, 12 Desember 2013

JURNAL EVALUASI KELAS KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN HORTIKULTURA DI KECAMATAN WATULIMO, KABUPATENTRENGGALEK

Moshi-moshi minna-san, kali ini saya akan postingin tugas kuliahan berupa jurnal yang harus benar-benar diposting. Silahkan cuci mata diblog saya.. 


JUDUL JURNAL :
EVALUASI KELAS KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN HORTIKULTURA DI KECAMATAN WATULIMO, KABUPATENTRENGGALEK
PUBLIKASI        
Jurnal Pertanian MAPETA Vol. 8. No. 2. April 2006 : 104 - 107

Oleh :

Siswanto dan Pancadewi Sukaryorini

PENDAHULUAN

Pembangunan sektor pertanian tidak hanya ditujukan untuk menetapkan swasembada beras dan palawija, juga mencakup usaha-usaha peningkatan produksi pangan yang berasal dari komoditas hortikultura dan perkebunan yang memegang peranan penting dalam pembangunan nasional baik dari segi kesehatan, penyerapan tenaga kerja maupun peningkatan devisa negara (Widianto, 1994).
Hortikultura khususnya buah-buahan mempunyai peranan yang cukup besar dalam upaua peningkatan gizi dan kesehatan masyarakat Indonesia.Pada umumnya budidaya holtikultura belum dilakukan secara maksimal oleh para petani, karena mereka menanam hortikultura hanya sebagai tanaman sela atau alternatif (Abdullah, 1993).

BAHAN DAN METODE

Penelitian ini berupa survai suatu daerah yang berada diwilayah Kabupaten Trenggalek bagian selatan yang meliputi Kecamatan Watulimol. Secara geografis, daerah survei terletak pada posisi koordinat 111o 24’ - 112 o 11’ Bujur Timur dan 7o 53’ – 8o 34’ lintang selatan dengan luas wilayah sebesar 137,17 km2.
Kegiatan penelitian dilapangan dilakukan untuk mengetahui kondisi lingkungan alami yang sebenarnya dari daerah survei, dilakukan Identifikasi dan diskripsi tanah pada setiap unit satuan fisiografi dan bentuk lahan yang didasarkan pada perbedaan ketinggian.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil survai yang dilakukan di wilayah penelitian, dimana bagian selatan langsung menghadap samudra Hindia. Sedangkan dibagian utara Kecamatan Dongko, Kecamatan Kampak, dan Kecamatan Gandusari yang merupakan batas daerah survei.Secara fisiografis daerah survei dapat digolongkan menjadi tiga sistem fisiografis yaitu dataran intervulkanik dan plato, dan daerah berbukit.

Desa
Rambutan
Manggis
Salak
Blimbing
Durian
Duku
Kls
Bts*/
Kls
Bts*
Kls
Bts*
Kls
Bts*
Kls
Bts*
Kls
Bts*
Margomulyo
S3
N
N

S3
N
S3
n
N

S3
n
Sawahan
S3
T
N

S2
t, w, n
S2
r, n
N

S2
n, t
Karanggandu
S2
t, w
N

S3
W
S2
r, n
S3
t, w
S2
t, w, n
Dukuh
S3
N
S3
N
S3
N
S3
n
N

S2
n
Demahardjo
S3
N
N

S3
N
S3
n
S3
n
S3
n
Ngembel
S2
N
N

S3
W
S2
r, n
N

S2
n
Watu Agung
S2
N
N

S3
N
S2
r, n
S2
r, n
S3
n
Prigi
S3
N
N

S3
w, n
S3
n
N

S3
n
Tasikmadu
S3
N
N

S3
w, n
S3
n
N

S3
n
Pakel
S2
N
S3
N
S2
w, n
S2
r, n
S2
r, w, n
S2
n
Slawa
S3
N
S1

S3
N
S3
n
S3
n
S3
n
Watulimo
S3
N
S3
N
S3
w,n
S3
n
S3
n
S3
n

Berdasarkan hasil klasifikasi kesesuaian lahan didapatkan bahwa seluruh wilayah kecamatan Watulimo mempunyai kelas sesuai margial hingga cukup ssesuai untuk tanaman Rambutan, Salak, Belimbing dan Dukuh.
Hasil evaluasi kesesuaian secara keseluruhan pada penggunaan lahan hortikultura sebagian besar cukup sesuai (S2) sampai dengan kurang sesuai (S3) dengan faktor pembatas retensi hara (kadar C-organik yang rendah), dan curah hujan yang cukup tinggi.
Hampir seluruh lahan diwilayah Kecamatan Watulimo, unsur hara (n) merupakan faktor kendala yang utama dalam kesuburan tanah, disisil kemudian faktor iklim (t dan w) dan kondisi perakaran (r) untuk tanaman hortikultura, hingga menjadikan permasalahan dalam kesesuaian lahan untuk hortikultura di wilayah tersebut.

KESIMPULAN

Hasil kajian kelas kesesuaian yang dilakukan di wilayah Kecamatan Watulimo adalah :
1.     Seluruh wilayah Kecamatan Watulimo mempunyai kelas kesesuaian margial hingga cukup untuk tanaman Rambutan, Salak, Belimbing dan Duku.
2.    Untuk tanaman Manggis mempunyai kelas sangat sesuai hingga sesuai margial pada Desa Slawe, Dukuh, Pakel dan Watulimo

DAFTAR PUSTAKA

Abdullh T.S. 1993. Survasi Tanah dan Evaluasi Lahan. Penebar Swadaya. Jakarta.
Widianto. 1994. Evaluasi Lahan. FP Unibraw. Malang.

 Isi jurnal lebih lengkap, melalui 4shared klik di sini atau melalui mediafire silahkan lihat di sini

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thank's sudah mampir di blog saya :)

FUN TRANSLATE